Selasa, 11 Desember 2012

kue 8 jam

sejarah kue 8 jamKUE 8 jam merupakan salah satu kue khas makanan Provinsi Sumatera Selatan Kota Palembang. Nama kue ini sendiri diambil dari lama cara proses pembuatan kue tersebut. Untuk membuat kue ini haruslah melalui proses pengukusan selama 8 jam, sehingga bisa dinikmati.
Waktu proses pembuatan kue ini memang relatif memakan waktu yang lama. Namun saat Anda mencicipinya, rasa lelah dalam penantian panjang selama 8 jam pasti langsung terbayar.
Hanya saja, kue ini tidak bisa didapatkan dengan mudah setiap hari. Biasanya pada saat perayaan hari-hari tertentu saja, seperti Imlek dan hari raya Idul Fitri, Anda bisa mencicipi kue nan lezat ini dengan leluasa.
Dahulu, kue ini hanya disajikan untuk para bangsawan di kota Palembang. Tidak sembarang orang boleh mencicipinya atau menyantapnya. Tapi pada saat ini, semua orang bebas menikmati kue tesebut.
Bahan dasar kue ini yaitu telur bebek, gula pasir, margarin, dan susu. Seluruh bahan dicampur dalam satu wadah dan dikocok hingga halus atau merata, lalu dikukus selama 8 jam. Jangan lupa untuk tambahkan air di dandang dengan air mendidih setiap kali air menjadi sedikit.
Jika kurang dari 8 jam, kue tidak akan terasa lembut, kenyal dan mudah hancur. Cara penyajiannya cukup mudah, sama seperti kue-kue pada dasarnya dengan dipotong dan diiris tipis dengan tebal 1 cm. Rasa legit, kenyal dan manis pada kue 8 jam mampu membuat anda ketagihan, bahkan aroma dan rasa kue ini masih terasa di dalam mulut hingga beberapa jam.
Bagi warga Palembang, sekarang kue ini menjadi suguhan wajib di saat Lebaran dan tidak pernah ketinggalan, karena dari dulu sampai sekarang kue ini tetap menjadi andalan, karena memiliki rasa yang pas dilidah dan tidak pernah bosan untuk dimakan, karena itulah kue ini digemari dikalangan masyarakat, tetapi kue ini tidak di konsumsi setiap hari oleh masyarakat, karena proses memasaknya membutuhkan waktu yang cukup lumayan lama dan membutuhkan kesabaran pada saat memasak kue tersebut.

tugas dosen

Tidak ada komentar:

Posting Komentar