Rabu, 12 Desember 2012

psikologi umum


Berpikir
Pengertian
          Pendapat para ahli mengenai berpikir itu bermacam-macam. Misalnya ahli-ahli psikologi asosiasi menganggap bahwa berpikir adalah kelangsungan tanggapan-tanggapan dimana subjek yang berpikir pasif. Plato berharapkan bahwa berpikir itu adalah berbicara dalam hati,sehubungan dengan pendapat Plato ini adalah pendapat yang mengatakan bahwa berpikir adalah aktivitas ideasional. Pada pendapat yang terakhir itu dikemukakan dua kenyataan, yaitu :
a.       Bahwa berpikir itu adalah aktifitas,jadi subjek yang berpikir aktif
b.      Bahwa aktifitas itu sifatnya ideasional, jadi bukan sensoris dan bukan motoris,walaupun dapat disertai kedua hal itu,berpikir itu menggunakan ideas.
Dalam sudut padang Behaviorisme berpikir itu sebagai penguatan antara stimulus dan respon.
            Salah satu sifat dari berpikir adalah Goal Directed yaitu berpikir tentang sesuatu,untuk memperoleh pemecahan masalah atau untuk mendapatkan sesuatu yang baru. Berpikir juga dapat dipandang sebagai pemrosesan informasi dari stimulus yang ada (starting position) sampai pemecahan masalah (finishing position).
            Dengan demikian dapat dikemukakan bahwa berpikir adalah proses kognitif yang berlangsung antara stimulus dan respons.
a.     Proses Berpikir
            symbol yang digunakan dalam berpikir berupa kata-kata atau bahasan (language)karena bahasa dan berpikir mempunyai kaitan erat dengan bahasa manusia yang dapat menciptakan ratusan,ribuan symbol-symbol yang memungkinkan manusia dapat berpikir sempurna dibandingkan dengan makhluk lain.
            Bahasa merupakan alat yang cukup ampuh (powerfull) dalam proses berpikir tetapi bahasa juga bukan satu-satunya alat yang di gunakan dalam proses berpikir tetapi juga bisa menggunakan gambar atau bayangan,image.
4
b.    Cara Memperoleh Konsep atau pengertian
Untuk memperoleh pengertian ada beberapa macam cara yaitu dengan tidak sengaja dan dengan sengaja. Pengertian yang tidak disengaja disebut pengertian pengalaman. Ini berarti bahwa pengertian diperoleh dengan sengaja itu bukan melalui pengalaman.
Yng dimaksud dengan pengertian pengalaman ialah diperoleh dengan mengambil masa lalu melalui pengalaman-pengalaman. Pengertian yang diperoleh dengan sengaja ialah usaha dengan memperoleh pengertian atau konsep karena dibentuk dengan penuh kesadaran.

c.     Problem Solving
Problem itu timbul apabila ada perbedaan atau konflik antara keadaan satu dengan yang lain dalam rangka untuk mencapai tujuan.
Dalam percobaan yang dilakukan oleh Thorndike sebagai tokoh aliran Behaviorisme,dimana eksperimenya menggunakan kucing yang lapar, ditaruh dalam sangkar yang tertutup, makanan diletakkan diluar sangkar, dan pintu dapat terbuka apabila grendel yang berhubungan dengan pintu itu ditarik atau tertarik.
Dalam eksperimen tsb,Thorndike menarik kesimpulan bahwa memecahkan problem yang dihadapi oleh kucing tersebut dengan cara coba-salah (trial-error). Adanya latihan akan mempercepat dalam pemecahan masalaah,latihan akan memperkuat hubungan stimulus respon.

d.    Berpikir kreatif
Berpikir kreatif, orang dapat menciptakan sesuatu yang baru, timbulnya atau munculnya hal baru tersebut secara tiba-tiba yang berkaitan dengan insight
e.     Tingkatan-tingkatan dalam berpikir kreatif
1.      Persiapan (preparation) yaitu tingkatan seseorang memformulasikan masalah dan mengumpulkan fakta-fakta atau materi yang dipandang berguna dalam memperoleh pemecahan yang baru

5
2.      Inkubasi
Berlangsungnya masalah tersebut dalam jiwa seseorang, karena individu tidak segera memperoleh pemecahan masalah.
3.      Pemecahan atau Iluminasi
Tingkatan mendapatkan pemecahan masalah,orang mengalami “AHA” secara tiba-tiba memperoleh pemecahan tersebut.
4.      Tingkat evaluasi
Mengecek apakah pemecahan yang diperoleh pada tingkat iluminasi cocok atau tidak. Apabila tidak cocok lalu meningkat pada tingkat berikutnya.
5.      Tingkat Revisi
Yaitu mengadakan revisi terhadap pemecahan yang diperolehnya.


tugas dosen















Tidak ada komentar:

Posting Komentar